“SMS Broadcast” Media Penyampai Info Langsung dan Merakyat”

00.25 Diposting oleh Herry Bong

Teknologi informasi dan komunikasi yang tumbuh dan berkembang cepat, kini juga digunakan untuk memperlancar pelaksanaan PNPM Mandiri Perkotaan. Informasi yang tepat waktu, valid dan dipercaya, baik isi maupun sumbernya, sangat diperlukan dalam mendukung keberhasilan program PNPM Mandiri sebagai “lokomotif “ pemerintah dalam penanggulangan kemiskinan di Indonesia.

Penyampaian informasi yang efektif sangat penting. Baik menyangkut kebijakan, peraturan, rencana, pelaksanaan maupun evaluasi terkait PNPM Mandiri Perkotaan, mulai dari tingkat nasional kepada semua pelaku di tingkat propinsi, kabupaten/kota serta kelurahan/desa. Hal ini agar dapat segera ditindaklanjuti dan tidak terjadi kesalahan informasi yang disebabkan oleh faktor penyampaiannya.

Guna menghindari terjadinya kesalahan penyampaian informasi ini, maka PNPM Mandiri Perkotaan membuat suatu fasilitas komunikasi yang disebut dengan SMS Broadcast. Melalui fasilitas ini, informasi penting akan disampaikan kepada penerima melalui “SMS massal”, sehingga semua penerima akan menerima berita/informasi yang sama, dalam waktu yang relatif bersamaan ke telepon genggam masing-masing.

SMS Broadcast berfungsi sebagai penyampai informasi terkini (up to date) dan valid dari PMU, PMT dan KMP, mulai di tingkat nasional ke tingkat pelaku di daerah (KMW, Korkot, Fasilitator dan BKM).

Prosedur pengiriman SMS telah diatur sesuai Standard Operational Procedure (SOP)-nya. SOP, Formulir dan Manual SMS Broadcast dapat didownload (diambil) dari link SOP SMS Broadcast.

Dengan SMS Broadcast diharapkan berita, keputusan atau hal-hal lain yang berhubungan dengan pelaksanaan Program PNPM Mandiri Perkotaan lebih terjamin, cepat sampai dan tepat ke sasaran yang dituju. Sehingga, kesalahan dan keterlambatan informasi tidak akan terjadi lagi. (Aries Muslim, Webmaster P2KP)