Marketing Has Changed

19.43 Diposting oleh Herry Bong

Beberapa tahun belakangan ini seiring dengan meningkatnya teknologi di dunia ini diikuti dengan berubahnya ilmu dan strategi marketing secara cepat dan dinamis. Dan sebagai orang yang berkecimpung di dalam dunia marketing, anda pasti menyadari bahwa strategi pemasaran yang anda jalankan saat ini mungkin hanya bertahan paling lama satu hingga dua tahun kedepan. Apakan anda sadari apa yang menyebabkan perubahan itu terjadi dengan begitu cepatnya ??? Jawabanya adalah perubahan perilaku konsumen yang terjadi juga sangat cepat. Perlu diketahui bahwa perilaku konsumen anda saat ini pasti tidak sama dengan perilaku konsumen anda 10 tahunm 5 tahun, dan mungkin saja 1 tahun yang lalu.

Dasar dari perubahan perilaku konsumen itu adalah semakin sedikitnya waktu yang dihabiskan dengan perusahaan anda, mengingat banyaknya kompetitor anda yang bermain di laut yang sama (red ocean) sehingga konsumen anda akan menjadi bingung dalam membuat keputusan pembelian dan loyal terhadap suatu produk. Faktor lain yang mengakibatkan cepatnya perubahan perilaku konsumen adalah semakin berkembangnya teknologi di dunia ini, sehingga konsumen sudah dimanjakan dengan berbagai kemudahan dan kepraktisan. Salah satu contohnya produk pebankan, dimana dua puluh tahun yang lalu ketika anda ingin melalukan trasnsfer uang ke sebuah rekening, maka anda harus datang ke bank tersebut, mengisi slip, dan menyerahkan slip tersebut serta menyetorkan uang tersebut. Apabila kita bandingkan dengan keadaan saat ini, konsumen hanya cukup melakukanya lewat Automatic Teller Machine (ATM), atau lewat internet (online banking), dan dalam beberapa tahun terakhir ini sudah bisa menggunakan teknologi mobile banking dimana cukup menggunakan ponsel saja.

Selain persaingan dengan kompetitor yang semakin ketat, dan perubahan perilaku konsumen. Para pemasar masih harus bersaing dengan tingginya biaya pemasaran, distribusi, dan lainya. Untuk mengatasi berbagai permasalahan itu, teknologi dapat menjadi solusinya. Contohnya, untuk mempertahankan konsumen agar tetap royal maka digunakanlah berbagai macam software CRM, Software Accounting, Pajak, dsb.

Disisi lainya, teknologo juga telah mengubah selamanya dimana jarak bukanlah menjadi halangan bagi konsumen untuk menjangkau produk yang di inginkanya. Dunia menjadi semakin kecil, dan mobilitas menjadi semakin tinggi. Jadi bagaimana anda dapat memasarkan produk anda ke konsumen yang selalu bergerak dan berpindah tempat ??? Bagaimana anda dapat menyampaikan informasi komunikasi pemsaran produk anda kepada konsumen yang memiliki mobilitas tinggi ??? apakah anda sudah menggunakan media yang menjangkau dimanapun mereka berada ??? Apabila belum maka anda bisa menghubungi kami :) .

Sudah Saatnya "Mobile Marketing"

19.30 Diposting oleh Herry Bong


Perkembangan dunia komunikasi di Indonesia semakin meningkat, hal ini dapat dilihat dari transisis media offline menjadi media online semakin cepat dan akurat. Beberapa tahun kedepan Mobile Marketing akan menjadi trend.

Seperti yang kita ketahui, media baru seperti internet dan telepon selular menjadi awal tumbuhnya komunikasi mobile yang bisa di akses dimana saja dan kapan saja. Peranan Mobile Marketing akan menjadi semakin strategis dan konsumen akan memilih product, brand sekaligus media komunikasi yang disukainya. Jadi kapan lagi ? sudah saatnya anda memasuki Zona Mobile Marketing

Why Mobile Marketing, Why Sms Bulk

19.03 Diposting oleh Herry Bong


Seiring dengan bertambahnya tahun demi tahun yang di ikuti dengan semakin bertambahnya teknologi di dunia ini, perusahaan dituntut untuk menerapkan marketing semakin efektif dan efisien terhadap calon konsumenya. Di masa depan salah satu cara yang tepat adalah "Mobile Marketing".

Di belahan dunia yang lain, mobile marketing sudah menjadi suatu trend di dunia marketing. Dengan semakin berkembangnya teknologi ponsel dan semakin meningkatnya kebutuhan masyarakat akan telepon selular menjadikan telepon genggam sebagai alat yang paling tepat untuk berkomunikasi dengan calon konsumen secara efektif dan efisien.

Dengan semakin meningkatnya personalisasi ponsel mengakibatkan semakin lebarnya kesempatan perusahaan untuk berkomunikasi secara one to one kepada konsumennya. Dan Pemilihan media bukanlah suatu hal yang mudah, karena pemilihan media yang tepat akan sangat memberikan dampak terhadap pemasaran perusahaan anda. Bagi perusahaan yang mempunyai budget besar tentunya Televition commercial atau iklan satu halaman di media cetak yang terkenal bukan menjadi halangan. Tapi apakah anda sadar kepada siapakah anda berkomunikasi ???

Tidak hanya komunikasi pemasaran, untuk komunikasi biasa yang anda lakukan sehari-hari saja tentunya anda akan lebih senang apabila orang yang anda ajak berkomunikasi tidak berkomunikasi dengan yang lain. Dengan semakin fokusnya komunikasi anda, tentunya diharapkan umpan balik nya akan semakin medekati harapan anda.

Mobile Sales Promotion Di Indonesia

18.24 Diposting oleh Herry Bong


Menurut Pakar Marketing yang sudah tidak asing yaitu Bapak Philip Kotler, Sales Promotion di identifikasikan sebagai "short term incentives to encourage the purchase of sales of products or services". Sales Promotion adalah suatu kegiatan komunikasi pemasaran yang berguna untuk mendorong terjadinya penjualan atau mendorong customer untuk membeli product or services atau melakukan suatu tindakan tertentu sebagai akibat dari dari meningkatnya nilai dari persepsi customer terhadap produk yang sedang di promosikan. Di Indonesia sendiri Sales Mobile Promotion sudah dilakukan oleh beberapa operator seluler, yaitu dengan bekerjasama dengan beberapa perusahaan seperti restorant, Bridal, Cafe, dan perusahaan lainya. Contoh promosinya adalah dengan memberikan product discount cukup hanya dengan menunjukkan SMS.

seperti yang kita ketahui, teknik sales promotion adalah suatu teknik pemasaran yang sudah lama diterapkan, dan masih digunakan sampai saat ini. Dilihat dari hasilnya, perusahaan yang sudah menggunakan Mobile Sales Promotion mendapatkan hasil yang signifikan terhadap peningkatan penjualan.

Mobile Sales Promotion sebenarnya dapat dilakukan tanpa bekerjasama dengan operator selular, yakni dengan menggunakan sms atau teknologi mobile lainya ke database perusahaan anda bisa dalam bentuk voucher, discount, etc.

Namun apabila menggunakan teknologi sms manual ( mengirimkan sendiri ) akan menjadi tidak efisien apabila database yang ingin dikirimkan banyak. Dan selain itu kecepatan,apabila dikirimkan ke database yang banyak dengan kecepatan yang kurang lebih hanya 1 sms per sepuluh detik akan memakan waktu yang cukup lama. Dan kelemahan lainya adalah sms tersebut tidak dapat menampilkan nama perusahaan anda melainkan hanya nomor hanphone anda. Berbeda dengan SMS masking yang di tawarkan penyedia jasa sms broadcast.

Salah satu solusi adalah bekerjasama langsung dengan operator selular, Dan beberapa masalah yang timbul apabila bekerjasama langsung dengan operator selular adalah target quantity sms yang ditentukan sangat besar dan seringkali banyak perusahaan yang tidak mampu untuk memenuhi target tersebut.

Maka daripada itu banyak perusahaan-perusahaan yang menyediakan jasa sms broadcast,sms bulk, sms masking atau istilah lainya. Dimana quantity yang ditawarkan tidak sebesar quantity yang ditawarkan operator selular. Dan sms bisa mengeluarkan nama perusahaan anda sehingga bisa menciptakan/meningkatkan brand awareness daripada konsumen anda. Selain itu sms yang dikirimkan juga cenderung jauh lebih cepat yaitu 1 detik bisa mencapai 40-60 sms, dan anda satu kali kirim bisa langsung ke jumlah yang tak terbatas.

Jadi Mobile Sales Promotion dapat digunakan kapan saja, dimana saja. Ayo tingkatkan penjualan anda dengan teknologi ini.

Kekuatan Setatus Enam Puluh Karakter

18.05 Diposting oleh Herry Bong

Dimasa sekarang ini, para calon dari partai republik dan partai demokrat sedang berkompetisi untuk meraih suarah terbanyak agar dapat menjadi presiden pada pemily yang akan datang. Jutaan Dollar dikeluarkan untuk mendapatkan hati daripada pemilih, jadi dengan menngunakan berbagai macam media guna meluncurkan promosi kampanye.

Mungkinkah Telepon Cellular dapat digunakan sebagai media kampanye oleh calon presiden Amerika tersebut ? Tentu saja sudah pasti, karena ada salah satu perusahaan di Amerika yang menggunakan strategi ini. Yaitu kampanye pemasaran dari 2 kandidat partai demokrat, yaitu Barrack Obama dan HillaryClinton.

Perusahaan yang menjalankan kampanye dari kedua calon partai demokrat tersebut adalah Perusahaan Limbo, Dan perusahaan Limbo telah mengirimkan lebih dari 1 juta sms dalam dua kali promosi kampanye. dan meginformasikan hasil kampanye dengan mengumumkanya, merubah perilaku penerima sms, dan persepsi mereka mengenai calon yang akan dipilih.

Kekuatan dari seratus enam puluh karakter sms yang menjadi sebuah media yang sangat berguna. Seperti yang kita ketahui penggunaan sms sebagai media kampanye bukan menjadi sesuatu yang baru di dunia ini, termasuk di Indonesia. Tetapi ada beberapa faktor yang perlu di perhitungkan sebelum melakukan kampanye sms / sms broadcast / sms bulk yaitu :

1.) Penentuan Tujuan Dari Promosi Kampanye

Penting sekali dalam promosi kampanye adalah menentukan tuujuan dari promosi kampanye tersebut, apakah hanya bertujuan untuk mendapatkan brand awareness saja, atau mungkin untuk peningkatan product awareness, dan lain sebagainya. Penentuan tujuan dari promosi kampanye merupakan hal yang sangat vital dan akan memberikan dampak yang besar terhadap semua kegiantan kampanye yang lainya, mulai dari sms content, database, etc

2.) Sms content

Hanya dengan seratus enam puluh karakter, kita harus memaksimalkan kreatifitas, supaya pesan yang ingin di informasikan dapat tercakup dalam seratus enam puluh karakter itu. Dan penentuan inti / maksud dari pesan juga merupakan hal vital, dan sebaiknya maksimal hanya satu pesan saja, karena semakin banyak pesan yang disampaikan akan semakin membingungkan orang yang membaca. Maka ada baiknya sebelum mengirimkan buatlah list yang akan disampaikan, seperti : informasi dari promosi, nomor telepon hunting, alamat, dsb. Jika pesan anda melebihi satu karakter saja dari maksimum seratus enam puluh karakter, maka biayanya juga menjadi 2 kali lipat. Jadi sebaiknya Anda membuat konten sms anda menjadi singkat, jelas, tepat, mengena.

3.) Database dari penerima sms

Database merupakan salah satu kunci yang sangat vital. Database dituntut untuk valid. karena semakin jelas database maka akan semakin baik pula hasilnya. Dengan database yang jelas Anda dapat menentukan kepada siapa Anda ingin mengirimkan sms tersebut. Dan anda harus memastikan sms yang anda kirimkan bukanlah SPAM, caranya adalah dengan meminta izin kepada si penerima, apakah mereka setuju untuk dikirimkan sms broadcast/bulk/kampanye tersebut. Selain itu letak demografis dari database yang dikirimkan akan sangat mempengaruhi isi dari sms content, seperti bahasa yang digunakan untuk menyampaikan informasi kepada anak muda tentunya berbeda dengan orang yang sudah berumur.

4.) Umpan balik dari promosi kampanye

Ada perbedaan yang mendasar antara mobile marketing dengan promosi kampanye. Perbedaan tersebut yaitu mobile marketing dapat menerima umpan balik secara langsung dari kampanye pemasaran tersebut. Jadi dengan membroadcast informasi yang ingin disampaikan perusahaan anda melalui sms, maka secara tidak langsung anda dapat meminta umpan balik dari pelanggan anda dengan megirimkan sms reply. Dan sms reply ini dapat di hitung guna mendata berapa umpan balik yang didapat dari promosi kampanye Anda. Tentunya dengan menggunakan sms pemasaran dengan fitur umpan balik akan lebih mahal biayanya daripada sms broadcast biasa.


Itu adalah hal-hal yang dapat dijadikan bahan pertimbangan sebelum melakukan promosi kampanye melalui sms broadcast. memang seratus enam puluh karakter terlihat pendek, tapi hasilnya tidak akan sependek itu.