Marketing Has Changed

19.43 Diposting oleh Herry Bong

Beberapa tahun belakangan ini seiring dengan meningkatnya teknologi di dunia ini diikuti dengan berubahnya ilmu dan strategi marketing secara cepat dan dinamis. Dan sebagai orang yang berkecimpung di dalam dunia marketing, anda pasti menyadari bahwa strategi pemasaran yang anda jalankan saat ini mungkin hanya bertahan paling lama satu hingga dua tahun kedepan. Apakan anda sadari apa yang menyebabkan perubahan itu terjadi dengan begitu cepatnya ??? Jawabanya adalah perubahan perilaku konsumen yang terjadi juga sangat cepat. Perlu diketahui bahwa perilaku konsumen anda saat ini pasti tidak sama dengan perilaku konsumen anda 10 tahunm 5 tahun, dan mungkin saja 1 tahun yang lalu.

Dasar dari perubahan perilaku konsumen itu adalah semakin sedikitnya waktu yang dihabiskan dengan perusahaan anda, mengingat banyaknya kompetitor anda yang bermain di laut yang sama (red ocean) sehingga konsumen anda akan menjadi bingung dalam membuat keputusan pembelian dan loyal terhadap suatu produk. Faktor lain yang mengakibatkan cepatnya perubahan perilaku konsumen adalah semakin berkembangnya teknologi di dunia ini, sehingga konsumen sudah dimanjakan dengan berbagai kemudahan dan kepraktisan. Salah satu contohnya produk pebankan, dimana dua puluh tahun yang lalu ketika anda ingin melalukan trasnsfer uang ke sebuah rekening, maka anda harus datang ke bank tersebut, mengisi slip, dan menyerahkan slip tersebut serta menyetorkan uang tersebut. Apabila kita bandingkan dengan keadaan saat ini, konsumen hanya cukup melakukanya lewat Automatic Teller Machine (ATM), atau lewat internet (online banking), dan dalam beberapa tahun terakhir ini sudah bisa menggunakan teknologi mobile banking dimana cukup menggunakan ponsel saja.

Selain persaingan dengan kompetitor yang semakin ketat, dan perubahan perilaku konsumen. Para pemasar masih harus bersaing dengan tingginya biaya pemasaran, distribusi, dan lainya. Untuk mengatasi berbagai permasalahan itu, teknologi dapat menjadi solusinya. Contohnya, untuk mempertahankan konsumen agar tetap royal maka digunakanlah berbagai macam software CRM, Software Accounting, Pajak, dsb.

Disisi lainya, teknologo juga telah mengubah selamanya dimana jarak bukanlah menjadi halangan bagi konsumen untuk menjangkau produk yang di inginkanya. Dunia menjadi semakin kecil, dan mobilitas menjadi semakin tinggi. Jadi bagaimana anda dapat memasarkan produk anda ke konsumen yang selalu bergerak dan berpindah tempat ??? Bagaimana anda dapat menyampaikan informasi komunikasi pemsaran produk anda kepada konsumen yang memiliki mobilitas tinggi ??? apakah anda sudah menggunakan media yang menjangkau dimanapun mereka berada ??? Apabila belum maka anda bisa menghubungi kami :) .