Mobile Sales Promotion Di Indonesia

18.24 Diposting oleh Herry Bong


Menurut Pakar Marketing yang sudah tidak asing yaitu Bapak Philip Kotler, Sales Promotion di identifikasikan sebagai "short term incentives to encourage the purchase of sales of products or services". Sales Promotion adalah suatu kegiatan komunikasi pemasaran yang berguna untuk mendorong terjadinya penjualan atau mendorong customer untuk membeli product or services atau melakukan suatu tindakan tertentu sebagai akibat dari dari meningkatnya nilai dari persepsi customer terhadap produk yang sedang di promosikan. Di Indonesia sendiri Sales Mobile Promotion sudah dilakukan oleh beberapa operator seluler, yaitu dengan bekerjasama dengan beberapa perusahaan seperti restorant, Bridal, Cafe, dan perusahaan lainya. Contoh promosinya adalah dengan memberikan product discount cukup hanya dengan menunjukkan SMS.

seperti yang kita ketahui, teknik sales promotion adalah suatu teknik pemasaran yang sudah lama diterapkan, dan masih digunakan sampai saat ini. Dilihat dari hasilnya, perusahaan yang sudah menggunakan Mobile Sales Promotion mendapatkan hasil yang signifikan terhadap peningkatan penjualan.

Mobile Sales Promotion sebenarnya dapat dilakukan tanpa bekerjasama dengan operator selular, yakni dengan menggunakan sms atau teknologi mobile lainya ke database perusahaan anda bisa dalam bentuk voucher, discount, etc.

Namun apabila menggunakan teknologi sms manual ( mengirimkan sendiri ) akan menjadi tidak efisien apabila database yang ingin dikirimkan banyak. Dan selain itu kecepatan,apabila dikirimkan ke database yang banyak dengan kecepatan yang kurang lebih hanya 1 sms per sepuluh detik akan memakan waktu yang cukup lama. Dan kelemahan lainya adalah sms tersebut tidak dapat menampilkan nama perusahaan anda melainkan hanya nomor hanphone anda. Berbeda dengan SMS masking yang di tawarkan penyedia jasa sms broadcast.

Salah satu solusi adalah bekerjasama langsung dengan operator selular, Dan beberapa masalah yang timbul apabila bekerjasama langsung dengan operator selular adalah target quantity sms yang ditentukan sangat besar dan seringkali banyak perusahaan yang tidak mampu untuk memenuhi target tersebut.

Maka daripada itu banyak perusahaan-perusahaan yang menyediakan jasa sms broadcast,sms bulk, sms masking atau istilah lainya. Dimana quantity yang ditawarkan tidak sebesar quantity yang ditawarkan operator selular. Dan sms bisa mengeluarkan nama perusahaan anda sehingga bisa menciptakan/meningkatkan brand awareness daripada konsumen anda. Selain itu sms yang dikirimkan juga cenderung jauh lebih cepat yaitu 1 detik bisa mencapai 40-60 sms, dan anda satu kali kirim bisa langsung ke jumlah yang tak terbatas.

Jadi Mobile Sales Promotion dapat digunakan kapan saja, dimana saja. Ayo tingkatkan penjualan anda dengan teknologi ini.