SMS Kampanye Partai Tidak Menggunakan REG-UNREG

20.21 Diposting oleh Herry Bong

Peraturan SMS Kampanye yang baru disahkan kemarin, ternyata tak menggunakan mekanisme REG (register/ mendaftar) & UNREG (unregister/ mengakhiri pendaftaran).

Maksudnya, pelanggan akan dengan otomatis menerima pesan kampanye lewat SMS, tanpa harus melakukan registrasi ke nomor tertentu seperti mekanisme REG pada SMS premium yang kita ketahui.


Namun, seperti yang diatur pada pasal sembilan, Operator jasa telekomunikasi (operator) bersama penyelenggara Content Provider wajib menyediakan fasilitas bagi pelanggan untuk menolak penerimaan pesan kampanye Pemilu.

Artinya, operator dan penyedia konten boleh melakukan SMS broadcast berisi SMS kampanye, kepada seluruh pelanggannya, untuk pertama kali. Namun, pesan kampanye itu juga harus menyediakan fasilitas yang membolehkan pelanggan untuk menolak pesan kampanye selanjutnya.

Kemudian, bila pelanggan menolak menerima SMS kampanye, sesuai pasal 9 ayat 2, “Pelaksana Kampanye Pemilu, Tim Kampanye Pemilu, penyelenggara jasa telekomunikasi dan atau penyelenggara konten dilarang melakukan pengiriman pesan kampanye Pemilu berikutnya.”

Selain itu, peraturan tersebut juga melarang isi pesan kampanye SMS yang mempermasalahkan dasar negara, membahayakan keutuhan negara, menghina suku, agama, ras, dan golongan tertentu, menghasut, mengadu domba, mengganggu ketertiban umum, mengancam atau menganjurkan kekerasan, atau menjanjikan uang.

Operator dan penyedia konten juga dilarang membagikan data nomor pelanggan, melakukan penggalangan dana pemilu lewat jasa telekomunikasi, dan melakukan diskriminasi terhadap masing-masing peserta pemilu. Adapun sanksi peraturan menteri ini, merujuk kepada peraturan dan perundangan yang sudah berlaku sebelumnya.

Menurut Anggota Komite Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI), Heru Sutadi, peraturan ini mengklasifikasikan pelanggaran pada dua wilayah. Yang pertama adalah pelanggaran kampanye, dan yang kedua, pelanggaran penggunaan jaringan telekomunikasi.

Pelanggaran kampanye, menurut Heru, akan diusut oleh badan pengawas pemilu atau polisi, sesuai dengan UU No 19 2008 tentang Pemilu dan UU No 42 2008 tentang Pemilu Presiden dan Wakil Presiden. “Pelanggaran jenis ini bukan wilayah kami, melainkan wilayah pengawas pemilu,” ujar Heru, Kamis 5 Februari 2009, melalui sambungan telepon.

BRTI, kata Heru, akan mengawasi SMS kampanye dari sisi penggunaan jasa telekomunikasi. Bila terjadi pelanggaran, pengawas pemilu akan meminta BRTI untuk menindaklanjuti pelanggaran itu dari sisi operator dan penyedia konten.

Adapun pelanggaran penggunaan jaringan telekomunikasi, kata Heru, mengacu pada peraturan dan perundangan telekomunikasi yang sudah ada, antara lain UU No 36 1999 tentang Telekomunikasi dan Peraturan Menteri No 1 2009 tentang SMS Jasa Pesan Premium dan Jasa Pesan Singkat (SMS).

Sesuai peraturan itu, bagi operator yang secara sengaja memberikan data nomor telepon pelanggan kepada parpol tertentu, misalnya, akan dikenai tuntutan pidana penjara selama 2 tahun dan atau denda paling banyak Rp 200 juta rupiah.

Sementara penyelenggara konten yang melakukan pelanggaran peraturan SMS Kampanye, akan dikenakan sanksi pencabutan izin dan larangan menyelenggarakan jasa pesan premium, bila tak mengindahkan tiga kali peringatan sebelumnya.

Peraturan SMS kampanye sudah digodog sejak tahun lalu. Aturan ini mengalami proses yang panjang salah satunya karena kurang mendapat respon masukan dari para peserta pemilu.

Dari 38 partai peserta pemilu, hanya dua partai kecil (Partai Patriot Pancasila dan Partai Sarikat Indonesia) yang memberi masukan kepada Depkominfo, sebelum akhirnya aturan itu diteken Menteri Mohammad Nuh, kemarin.

Mobile Marketing Is The Future

21.38 Diposting oleh Herry Bong


Marketing sudah berubah, teknologi semakin maju, Dan komunikasi yang efektif tetap harus dilakukan oleh setiap perusahaan kepada pelangganya. Disinilah hubunganya antara Handphone dengan semuanya itu. Hanphone bisa menjadi media komunikasi yang sangat efektif untuk perusahaan kepada pelangganya, sebuah cara baru untuk melakukan komunikasi marketing... THIS IS THE FUTURE, THIS IS MOBILE MARKETING.

Pada belahan dunia lain mobile marketing sudah menjadi suatu perangkat yang semakin menjamur di dunia marketing. Perkembangan teknologi handphone dan meningkatnya daya beli masyarakat akan handphone menjadikan ponsel sebagai sarana yang paling tepat untuk berkomunikasi terhadap target pelanggan secara efektif dan efisien.

Dengang tingginya personalisasi handphone, kesempatan dan perusahaan untuk melakukan komunikasi one on one kepada pelanggan semakin terbuka lebar. Tapi apakah Anda menyadari bahwa komunikasi harus dilakukan secara one one, atau asal badget untuk komunikasi pemasaran cukup gunakan saja media yang sesuai dengan budget tsb.

Pemilihan media memang bukanlah hal yang mudah, tapi pemilihan media yang tepat sangat mempengaruhi hasil dari komunikasi dari pemasaran perusahaan anda. untuk yang mempunyai budget besar, TV commercial bukan jadi halangan, atau iklan 1 halaman di media cetak terkenal. Tapi apakah anda sadar dengan siapakan anda berkomunikasi ?

Salah satu alat yang digunakan untuk berkomunikasi kepada konsumen sekarang adalah SMS broadcast, Dimana SMS broadcast dapat digunakan untuk meningkatkan brand awareness daripada konsumen anda. SMS broadcast adalah layanan sms satu arah yang dapat mengeluarkan nama daripada perusahaan yang bersangkutan. Pilihan lainya adalah email broadcast atau email blast, dimana email blast merupakan suatu alat yang baik untuk berkomunikasi dengan pelanggan. Namun apabila dipraktekkan di Indonesia mana yang lebih baik, apakah sms broadcast ataukah email blast? beberapa pandangan terhadap sms broadcast dan email blast pun berbeda.

Kelebihan dari SMS broadcast adalah cakupanya lebih besar karena hampir semua penduduk di Indonesia mempunyai handhone dan sudah terbiasa dengan penggunaan SMS. Berbeda dengan Sms broadcast, dimana di Indonesia tidak semua orang bisa mengoperasikan emaildan tidak semua orang mempunya Blacberry sehingga membuat cakupannya menjadi lebih kecil. Bagaimana dengan pendapat anda......

SMS Sebagai Alat Untuk Menginformasikan Bahaya

21.09 Diposting oleh Herry Bong

Untuk pertama kali dalam sejarah Australia bagi penduduk di daerah Victoria, Australia, mendapatkan peringatan cuaca buruk dan kebakaran dari sebuah teks sms broadcast.

Perusahaan Telekomunikasi Nasional, Telstra, mulai mengirimkan sms broadcast terkait dengan kondisi cuaca yang memburuk, yang dapat mengancam pelanggan mereka yang tinggak di victoria. Langkah ini akan mulai diikuti oleh operator lainya di Australia.

Ini merupakan pertamakalinya teknologi cellular mampu memperingatkan akan adanya bahaya cuaca. Sangat efektif apabila di bandingkan harus memperingatkan adanya bahaya cuaca yang akan datang dari pintu ke pintu.

Tingkatkan Kemampuan Membaca Anak Dengan SMS

20.50 Diposting oleh Herry Bong

Penggunaan Short Message Service atau yang lebih dikenal dengan SMS ternyata membawa sisi positif tersendiri bagi anak-anak. Berdasarkan Penelitian sekelompok peneliti dar Coverty University menunjukkan bahwa apabila anak-anak yang rajin mengirim SMS bisa menambah kemampuan membaca dan menulis kata. Hal ini tentu saja mematahkan pandangan orang yang mengatakan, kalau terlalu sering menggunakan SMS dapat berdampak buruk terhadap anak-anak.

Seperti yang dilansir CNN, Senin 2 maret 2009, penelitian ini dilakukan dengan cara melibatkan delapan puluh delapan anak-anak yang berusia antara 10 tahun sampai dengan 12 tahun. Para responden diberi sepuluh tulisan yang berbeda satu sama lainya, kemudian anak-anak diminta untuk menuliskan semua itu dalam bentuk Short Messaging Service (SMS). Beberapa kategorinya adalah penyingkatan kata, mengeja, dsb.


Sebagai hasilnya, tidak ditemukanya pengaruh buruk dari kegiatan SMS, justru kemampuan anak-anak dalam membaca dan memahami kata-kata semakin bagus dan bertambah daripada sebelumnya, penelitian seperti ini juga pernah dilakukan University of Toronto. Hasilnya tidak jauh berbeda, yakni SMS memiliki dampak positif terhadap kemampuan berbahasa anak-anak. Bagaimana dengan pendapat anda....

Membangun Hubungan Orang Tua Murid Dan Pihak Sekolah Melalui SMS

01.41 Diposting oleh Herry Bong

Hubungan antara orangtua murid dan pihak sekolah adalah suatu hal yang sangat penting. Hal ini mulai dirasakan oleh banyak orang tua murid yang ada di Indonesia terutama di kota - kota besar.

Berdasarkan penelitian sebuah pendidikan pemerintah, dua daru tiga murid menginginkan pihak sekolah menggunakan teknologi seperti SMS broadcast atau e-mail Blast untuk lebih meningkatkan pengawasan, dan kualitas hubungan komunikasi antara orangtua murid dan pihak sekolah terutama guru.

Dorongan orang tua merupakan kunci utama dari kesuksesan anak di sekolah, dan masalahnya pohak sekolah dan orang tua murid jarang terjadi komunikasi yang rutin seperti yang diharapkan oleh para orang tua murid.

Dengan adanya teknologi tentunya diharapkan agar komunikasi antara pihak sekolah dan orang tua murid dapat menjadi lebih efektif. Saya pikir orang tua akan sangat tepat untuk selalu bertanya tentang perkembangan anaknya di sekolah.

Dengan menggunakan berbagai macam teknologi yang ada sekarang ini seperti teknologi digital, teks dan internet, akan membangun hubungan yang saling menguntungkan baik untuk orang tua, sekolah, maupun muridnya. Bagaimana dengan pendapat anda...

Membangun Hubungan Orang Tua Murid Dan Guru Melalui SMS

01.41 Diposting oleh Herry Bong

LONDON - Orangtua murid di Inggris ternyata sangat khawatir dengan keselamatan buah hati di sekolah. Bahkan sebagian besar ingin mengetahui segala aktivitas anaknya di sekolah. Berdasarkan penelitian Becta, sebuah lembaga teknologi pendidikan pemerintah Inggris, dua dari tiga orangtua murid menginginkan pihak sekolah menggunakan teknologi, seperti SMS atau e-mail untuk lebih meningkatkan pengawasan, dan kualitas komunikasi antara orangtua murid dan pihak sekolah. Becta baru melakukan survei terhadap delapan persen jumlah orangtua murid di Inggris. Seperti dikutip Cellular-News, Senin (15/9/2008), mayoritas orangtua merupakan pekerja sibuk, dan 15 persen dari jumlah yang disurvei mengaku mengetahui kemajuan anaknya di sekolah satu bulan sekali, bahkan sebanyak 85 persen mengatakan mengetahui kemajuan tingkat pendidikan anaknya tiga bulan sekali. Menurut juru bicara Becta, Niel McLean, dorongan orangtua adalah kunci sukses anak di sekolah, terkadang pihak sekolah dan orangtua murid jarang berkomunikasi secara rutin seperti yang diinginkan para orangtua. Sedangkan psikolog Tanya Byron sangat mendukung penggunaan teknologi agar komunikasi antara sekolah dan orangtua lebih efektif. "Saya pikir orangtua sangat tepat untuk selalu bertanya tentang perkembangan anaknya di sekolah. Dengan menggunakan berbagai macam teknologi digital, seperti teks dan internet, akan membangun hubungan yang menguntungkan baik bagi orangtua, sekolah maupun murid," katanya.

Menurut Anda Sms Broadcast / Sms Promosi Menguntungkan Atau Merugikan ?

19.07 Diposting oleh Herry Bong

Dengan maraknya promosi yang dilakukan perusahaan - perusahaan sekarang ini, seperti sms "Segera Bawa Dan Tunjukkan Sms Ini Untuk Dapatkan Discount 50%" ==> dengan muncul nama perusahaan.... ex : Happy Pizza.

Tentunya dengan strategi tersebut ditanggapi oleh masyarakat.... ada yang negatif dan ada juga yang tanggapanya positif... Ada yang menganggap dengan adanya sms seperti itu memberikan keuntungan bagi mereka karena mereka bisa mendapatkan discount hanya dengan menunjukkan sms saja dimana hanphone selalu di bawa di mana saja dan kapan saja, berbeda dengan brosur atau kupon. Namun ada juga yang menganggap sms tersebut sebagai spaming..... bagaimana dengan anda ? Silahkan ditanggapi....