Tingkatkan Kemampuan Membaca Anak Dengan SMS

20.50 Diposting oleh Herry Bong

Penggunaan Short Message Service atau yang lebih dikenal dengan SMS ternyata membawa sisi positif tersendiri bagi anak-anak. Berdasarkan Penelitian sekelompok peneliti dar Coverty University menunjukkan bahwa apabila anak-anak yang rajin mengirim SMS bisa menambah kemampuan membaca dan menulis kata. Hal ini tentu saja mematahkan pandangan orang yang mengatakan, kalau terlalu sering menggunakan SMS dapat berdampak buruk terhadap anak-anak.

Seperti yang dilansir CNN, Senin 2 maret 2009, penelitian ini dilakukan dengan cara melibatkan delapan puluh delapan anak-anak yang berusia antara 10 tahun sampai dengan 12 tahun. Para responden diberi sepuluh tulisan yang berbeda satu sama lainya, kemudian anak-anak diminta untuk menuliskan semua itu dalam bentuk Short Messaging Service (SMS). Beberapa kategorinya adalah penyingkatan kata, mengeja, dsb.


Sebagai hasilnya, tidak ditemukanya pengaruh buruk dari kegiatan SMS, justru kemampuan anak-anak dalam membaca dan memahami kata-kata semakin bagus dan bertambah daripada sebelumnya, penelitian seperti ini juga pernah dilakukan University of Toronto. Hasilnya tidak jauh berbeda, yakni SMS memiliki dampak positif terhadap kemampuan berbahasa anak-anak. Bagaimana dengan pendapat anda....