Memanfaatkan Strategi “Mobile Marketing”

02.15 Diposting oleh Herry Bong


Dimasa ini terutama di Indonesia, lebih dari seratus dua puluh juta pelanggan telepon seluler. Kita dapat melihat besarnya pengguna telepon seluler sebagai peluang bisnis baru karena telekomunikasi seluler menjadi sebuah media efeltif bagi perusahaan untuk memasarkan produk kepada masyarakat Indonesia.

Teknologi telekomunikasi seluler memang bersifat lebih personalize karena telekomunikasi seluler menawarkan jalur komunikasi yang bersifat 1 to 1. Dengan begitu, banyak perusahaan mulai melirik komunikasi dengan menggunakan media telepon seluler untuk meningkatkan aktifitas pemasaran, salah satunya adalah untuk menciptakan / meningkatkan brand awareness. Bentuk pemasaran produk dengan menggunakan media telepom seluler lebih kita kenal sebutan mobile marketing.

Selain berfungsi sebagai media wireless yang bertujuan untuk menyampaikan informasi kepada masyarakan, Mobile marketing menawarkan lebih dari pada itu, yaitu mobile marketing berfungsi sebagai media yang terintegrasi dengan perangkat pemasaran lain seperti TV, Radio, Majalah dan internet.

Mobile marketing mengalami perkembangan yang sangat pesat di Indonesia ini. Sebagai informasi, Indonesia adalah pasar terbesar ke-5 dalam penggunaan iklan mobile. menurut riset AdMob, perusahaan penyedia jaringan pasar internet mobile asal negeri paman sam yaitu Amerika bertajuk Mobile Metrics Report 2008, sebanyak 116 juta kali iklanpada jaringan Admob dilihat oleh masyarakat indonesia.

Sekarang ini SMS broadcast yang merupakan salah satu media dari mobile marketing sedang populer di Indonesia ini. Pasalnya, banyak sekali perusahaan yang berbondong - bondong beralih ke layanan sms broadcast ini. Karena sms broadcast dinilai lebih efektif dan jauh lebih murah daripada media lainya seperti media TV, Majalah dan lain sebagainya. Selain itu sms broadcast juga memberikan fitur sms variabel sehingga pengguna layanan ini dapat mengirim sampai ke segmen tertentu yang di inginkanya.

Sekarang ini banyak sekali perusahaan yang beralih ke layanan ini, bagaimana dengan anda....