SMS Broadcast Demi Konsumen

00.30 Diposting oleh Herry Bong

SMS-lah demi konsumen

"Melalui SMS Broadcast, kini pelanggan dapat memantau perjalanan kirimannya dengan mudah, cepat dan murah hanya melalui ponsel," kata Edi Prayitno Hirsam, communications and e-commerce manager PT Birotika Semesta (DHL).


"Apalagi jika kiriman itu berisi dokumen penting, biasanya pelanggan ingin terus memonitor posisinya. Melalui SMS yang di broadcast, mereka bisa menelusuri kiriman barang pada saat mereka di luar kantor bahkan dalam keadaan bergerak."


Itulah 'kesaktian' pesan layanan singkat (SMS) lewat ponsel. Fitur tersebut benar-benar telah 'menembus batas' bayangan banyak orang. Dan kini dunia usaha tak lagi memandangnya sebelah mata sebagai sebuah 'keisengan' dalam mengisi waktu luang.


Cukup ketik nomor airwaybill, kirim ke nomor yang diberikan, dan tak sampai satu menit anda sudah bisa mengetahui posisi terakhir barang kiriman


DHL menyediakan fasilitas ini secara internasional langsung dari divisi teknologi informasi yang berpusat di London, Inggris.


Konsumen pun menjadi pihak yang 'berdaya'. Mereka bisa memantau kiriman barang sekaligus ikut mengawasi jika salah alamat. "Pelanggan hanya membayar biaya SMS internasional karena permintaan status dikirimkan ke server kami di London," tuturnya kepada Bisnis.


SMS memang efisien. Tapi Edi mengingatkan status pengiriman yang diberikan kepada pelanggan tidak akan selengkap lewat e-mail atau Internet karena keterbatasan karakter.


Selain itu belum semua operator membuka fasilitas SMS internasional ,sehingga kerap terjadi permintaan status bisa dikirim keluar, tapi ditolak masuk oleh sistem operator.


DHL Express tampaknya serius untuk SMS-tracking ini. Buktinya mereka mengoperasikan 250 unit PDA multifungsi yang menggabungkan kemampuan mesin pemindai, ponsel, penyeranta dan komputer genggam. PDA tersebut menjadi perlengkapan standar bagi 200-an kurir di 88 gerai seluruh Tanah Air.