SMS Mantra Jaelangkung Sejenis Virus Serang Handphone

19.06 Diposting oleh Herry Bong


Kediri - Menyebarnya SMS misterius berisi 'Jaelangkung Jaelangset...123 mati hapemu' yang beredar di kalangan mahasiswa membuat mereka penasaran. Rupanya SMS itu sejenis virus yang biasa menyerang handphone (HP).

Beberapa pemilik counter HP yang ada di Kediri mengaku masyarakat tidak perlu takut atau kaget saat menerima SMS misterius itu. Menurut mereka, hal itu lazim dalam layanan pesan singkat SMS.

Salah satunya pemilik counter HP Eng Cell Enggrit mengatakan, dalam SMS ada tiga varian dari 0-3. SMS yang marak bertuliskan jaelangkung semacam flash SMS 0. Tapi apa itu flash SMS, Enggrit tidak bisa menjelaskan lebih jauh.

"Tidak banyak masyarakat yang mengetahui fitur SMS. Termasuk saya sendiri tidak begitu paham. Termasuk saya sedikit tahu layanan Flat SMS 0," kata Enggrit saat ditemui di counternya Jalan Slamet Riyadi, Kelurahan Banjaran Kecamatan Kota, Kota Kediri, Minggu (28/6/2009).

Saat disinggung HP langsung mati ketika membuka SMS tersebut? Dia menjelaskan tidak semua HP mengalami hal semacam itu. Hal tersebut bisa terjadi pada HP tertentu yang memiliki firmware programing tidak sesuai dengan flash SMS.

"Untuk HP merek� Nokia itu memang jenis 1600, 1650, dan 2310 memang memiliki firmware programing yang kurang baik sehingga kalau SMS flash 0 masuk maka HP itu akan mati. Sebelum marak terjadi di HP Nokia dulu sudah pernah menyerang tipe tertentu merek Siemens," tuturnya.

Hal senada juga diungkapkan pemilik pusat service HP Java Cell di Kilisuci, Kediri, Candra Setiadi. Menurutnya SMS semacam flash SMS 0 sudah ada sejak tahun 2001. "Jadi tidak perlu takut kalau mendapat SMS semacam itu. Kalaupun sekarang beredar lagi yang� membuat ngeri karena ada tulisan Jaelangkung jaelangset," tuturnya.

Cara mengatasi saat HP terserang SMS tersebut cukup simple yakni mencabut sim card dan memasukkan ke HP yang memiliki firmware programing sesuai dengan flash SMS 0. "Di HP yang memilik firmware programing SMS itu bisa dihapus. Setelah dihapus sim card dimasukkan kembali ke HP semula," jelasnya.(wln/fat)

Sumber :Detik.Com