Penerapan SMS Broadcast Pada Bengkel Otomotif

01.37 Diposting oleh Herry Bong

sms broadcast

Layanan SMS Broadcast banyak di gunakan sekarang ini, Pada posting kali ini saya akan coba membahas penerapan sms broadcast pada bengkel mobil. Bengkel mobil sekarang ini persainganya sangat ketat sekali, ya hanya berbeda harga sedikit saja pelanggan bisa pindah ke kompetitor Anda.

Sekarang ini bersaing melalui perang harga hanya membuat para pemain di industri tersebut "luka-luka" dan pada akhirnya bengkel dengan modal terkuat lah yang akan bertahan. Namun sekarang ini para pemilik bisnis bengkel mobil sudah harus memikirkan bagaimana memberikan value added kepada para pelanggan mereka. Salah satu nya adalah memberikan sales after service yang lebih dari yang di harapkan pelanggan sehinggan pelanggan mendapatkan kepuasan.

Sekarang ini SMS Broadcast digunakan untuk memaintain pelanggan, contoh penerapan sms broadcast pada bengkel mobil adalah memberikan notifikasi kepada para pelanggan bengkel untuk reminder jadwal ganti oli, ganti ban, dan service rutin, ataupun reminder lainya. Strategi ini adalah strategi "jemput bola" yaitu kita tidak lagi menunggu pelanggan datang tetapi kita menjeput pelanggan dengan memberikan reminder kepada mereka.

Tentunya hal ini harus didukung dengan pengolahan database yang baik, pada sms broadcast ciptamedia terdapat layangan contact management yang pada fitur itu kita bisa mengolah database dan bisa filtering database pada fitur tersebut. sehingga kita bisa searching orang-orang yang ulang tahunya hari ini, atau sudah jadwal ganti ban dan lain sebagainya.

Layanan sms broadcast sebenarnya tidak terpaku hanya pada contoh yang saya berikan diatas, sms broadcast bisa di kembangkan sesuai dengan kreatifitas para pengguna layanan sms broadcast.

Apakah anda menginginkan untuk mengaplikasi layanan sms broadcast?
segera hubungi marketing kami di :
021 927 512 10
0817 793 083
herry@ciptamedia.com
herryciptamedia@gmail.com

Persyaratan Sender ID SMS Broadcast Untuk Telkomsel

19.51 Diposting oleh Herry Bong

persyaratan sender id telkomsel,sms blast,sms broadcast,sms center,sms gateway,sms bulkAda 3 operator besar yang menjadi raja atau market leader pada kancah telekomunikasi selular di Indonesia ini, operatortersebut antara lain adalah : XL (EXCELCOMINDO), Indosat, Telkomsel ada juga operator lainya seperti Axis, Three (3) namun mereka bukan merupakan market leader pada industri telekomunikasi selular.

Sekarang ini industri SMS Broadcast sudah menjadi kebutuhan bagi perusahaan dari beraneka macam industri contohnya seperti industri taxi, rumah makan, kuliner, penerbangan, finance, banking, perbankan, dan lain sebagainya.

Tapi tahukah anda bahwa untuk SMS blast masing-masing operator mempunyai persyaratan tersendiri, contohnya Telkomsel biasanya meminta persyaratan seperti formulir membership, surat penunjukkan, fotocopy ktp, fotocopy npwp.

Surat penunjukkan yang dimaksud adalah surat penunjukkan dari perusahaan yang bersangkutan menunjuk ke perusahaan kami (misalnya ciptamedia) untuk menggunakan sender ID misalnya sender id dari TAXI ELANG, hal ini dilakukan supaya tidak adanya penyalahgunaan sender id dengan menggunakan merek tertentu seperti penipuan dengan modus hadiah undian menggunakan merek atau nama perusahaan yang marak sekarang ini.

Formulir Membership diminta oleh Telkomsel yaitu sebagai bukti bahwa benar SMS blast yang dikirimkan bukan SMS blast spamming namun memang benar sms tersebut adalah di kirimkan kepada orang yang memang bersedia untuk dikirimkan SMS Blast.


Implementasi SMS Broadcast Pada Industri Kuliner

00.22 Diposting oleh Herry Bong

sms broadcast, sms blast,sms center,sms gateway,sms bulkSMS Broadcast kali ini saya akan mencoba membahas pengimplementasianya pada industri kuliner. Sekarang ini perusahaan-perusahaan sadar betul bahwa tidaklah cukup hanya memikirkan how to get customer (bagaimana mendapatkan pelanggan baru), namun sekarang ini perusahaan-perusahaan semakin kreatif dan memikirkan bagaimana cara mempertahankan pelanggan yang sudah ada dan memberikan omset besar bagi perusahaan.

Prinsip Pareto adalah 20% pelanggan yang memberikan kontribusi 80% omset dari perusahaan. Tentunya pelanggan yang 20% harus di servis "habis-habisan" supaya mereka mendapatkan kepuasan "customer satisfaction". Perusahaan biasanya mengolah data-data dan informasi pelanggan sampai ke hal-hal pribadinya seperti : hobby, makanan favorit, tanggal ulang tahun, tempat jalan-jalan favorit dan lain sebagainya. Kenapa hal ini dilakukan? tidak lain adalah untuk menciptakan hubungan yang baik dengan pelanggan mereka sehingga pelanggan mereka bisa menjadi pelanggan yang setia.

Banyak cara untuk memuaskan pelanggan, dan juga banyak media-media yang bisa di manfaatkan saat ini. Salah satu media itu adalah SMS broadcast yang sekarang ini banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan. Mengapa? karena SMS broadcast merupakan media yang relatif murah dan efektif. Sekarang ini pada industri kuliner yaitu restoran-restoran terkemuka menggunakan jasa layanan SMS broadcast.

Salah satu pengimplementasianya adalah dengan mengirimkan SMS broadcast dengan menggunakan fitur SMS Personalized yaitu sms yang sifatnya personal, dimana pada setiap SMS broadcast yang dikirimkan (misalnya mengirimkan 1000 SMS broadcast) bisa menyebutkan 1000 nama dan umur yang berbeda. Kenapa harus personalized?, jawabnya adalah karena setiap manusia sifat dasarnya suka di perhatikan lebih.

Fitur lainya adalah SMS Reminder, yaitu dimana sms ini bisa dijadwalkan untuk dikirimkan sehingga kita tidak perlu pada hari H nya repot untuk mengirimkan SMS Blast tersebut. SMS broadcast apa saja yang biasa dijadwalkan, antara lain : tagihan, promo, ulang tahun, dan lain sebagainya.

SMS broadcast ulang tahun biasa dikirimkan pada industri kuliner untuk menarik pelanggan, isi pesanya antara lain sebagai berikut ini:

"Hi Bapak Ariel, selamat ulang tahun yang ke 20 semoga panjang umur dan sehat selalu, ajak teman-teman anda ke restoran KVC dan dapatkan voucer Rp. 500.000 serta album Peterpan terbaru serta album aura kasih terbaru"

Implementasi SMS Broadcast Untuk Airlines

02.05 Diposting oleh Herry Bong

sms blast,sms broadcast,sms center,sms bulk,sms gateway,aplikasi sms blastImplementasi SMS Broadcast bisa digunakan di banyak industri sesuai kebutuhanya masing-masing. Pada posting ini saya akan coba membahas pengimplementasian SMS broadcast pada persuhaan penerbangan.

Memang bukan rahasia lagi SMS Broadcast merupakan cara yang efektif untuk melakukan promosi maupun untuk memaintain pelanggan dan menyebarkan informasi penting. Penerapan SMS Broadcast bervariasi dan tergantung creativitas masing-masing perusahaan.

Pada perusahaan airlines SMS Broadcast dapat digunakan untuk menginformasikan jadwal penerbangan secara realtime kepada pelanggan mereka, biasanya apabila ingin realtime harus menggunakan VinnoSMS (sms gateway atau sms center). Selain untuk informasi jadwal penerbangan, SSMS Broadcast juga bisa digunakan untuk marketing campaign antara lain seperti promo discount untuk penerbangan Jakarta-Bangkok, dan sebagainya.

Sekarang ini promosi tidak lah cukup, perusahaan sekarang ini sudah membina hubungan dengan pelanggan mereka, hal ini dilakukan untuk mendapatkan kesetiaan daripada pelanggan mereka. Salah satu cara untuk mendapatkan hati dari pelanggan adalah dengan mengucapkan selamat ulang tahun kepada setiap pelanggan mereka dan memberikan hadiah bagi pelanggan yang berulang tahun. Ucapan ulang tahun memang dilakukan secara massal oleh perusahaan menggunakan SMS Broadcast namun pada isi pesan SMS Broadcast seolah-olah isinya dikirimkan satu persatu dan menyebutkan nama masing-masing pelanggan dengan umur mereka masing-masing, Feature ini disebut Personalized SMS Broadcast.

Mekanisme Pengiriman SMS Dari HP

00.42 Diposting oleh Herry Bong

Layanan SMS sangat populer dan sering dipakai oleh pengguna handphone. SMS menyediakan pengiriman pesan text secara cepat, mudah dan murah. Kini SMS tidak terbatas untuk komunikasi antar manusia pengguna saja, namun juga bisa dibuat otomatis dikirim/diterima oleh peralatan (komputer, mikrokontroler, dsb) untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Namun untuk melakukannya, kita harus memahami dulu cara kerja SMS itu sendiri. Short Message Service (SMS) adalah protokol layanan pertukaran pesan text singkat (sebanyak 160 karakter per pesan) antar telepon. SMS ini pada awalnya adalah bagian dari standar teknologi seluler GSM, yang kemudian juga tersedia di teknologi CDMA, telepon rumah PSTN, dan lainnya.
Alur pengiriman SMS pada standar teknologi GSM adalah sebagai berikut.

sms broadcast,sms blast,sms bulk,sms center,sms gateway,aplikasi sms blast


















Keterangan :
• BTS – Base Transceiver Station
• BSC – Base Station Controller
• MSC – Mobile Switching center
• SMSC – Short Message Service Center

Ketika pengguna mengirim SMS, maka pesan dikirim ke MSC melalui jaringan seluler yang tersedia yang meliputi tower BTS yang sedang meng-handle komunikasi pengguna, lalu ke BSC, kemudian sampai ke MSC. MSC kemudian mem-forward lagi SMS ke SMSC untuk disimpan. SMSC kemudian mengecek (lewat HLR – Home Location Register) untuk mengetahui apakah handphone tujuan sedang aktif dan dimanakah handphone tujuan tersebut.
Jika handphone sedang tidak aktif maka pesan tetap disimpan di SMSC itu sendiri, menunggu MSC memberitahukan bahwa handphone sudah aktif kembali untuk kemudian SMS dikirim dengan batas maksimum waktu tunggu yaitu validity period dari pesan SMS itu sendiri. Jika handphone tujuan aktif maka pesan disampaikan MSC lewat jaringan yang sedang meng-handle penerima (BSC dan BTS).


Sebenarnya, di dalam kebanyakan handphone dan GSM/CDMA modem terdapat suatu komponen wireless modem/engine yang dapat diperintah antara lain untuk mengirim suatu pesan SMS dengan protokol tertentu. Standar perintah tersebut dikenal sebagai AT-Command, sedangkan protokolnya disebut sebagai PDU (Protokol Data Unit). Melalui AT-Command dan PDU inilah kita dapat membuat komputer/mikrokontroler mengirim/menerima SMS secara otomatis berdasarkan program yang kita buat.


Mengapa SMS bisa Pending?


Biasanya ini karena ada 'kemacetan' arus data. Biasanya ini terjadi kalo anda mengirimkan pesan ke nomor yg dibawah naungan operator lain.
Jadi seharusnya prosesnya begini :
1. Anda tekan tombol 'Send' di HP anda, dan HP anda mengirimkan pesan ke operator anda.
2. Operator anda menerima pesan
3. Operator anda mengirimkan sinyal bhw pesan telah diterima operator anda.
4. HP menerima sinyal tsb dan mengakui bahwa 'Pesan Terkirim' (Sent)
5. Operator anda mengirimkan pesan tsb ke operator lain
6. Operator lain menerima pesan itu
7. Operator lain mengirimkan sinyal bahwa pesan sudah diterima.
8. Operator anda menerima sinyal itu.
9. Operator anda mengirimkan sinyal ke HP anda memberitahukan kalo pesan sudah sampai (delivered).

Nah, dlm kasus anda ini, yang nomor 7 atau 8 tidak terlaksana akibat padatnya arus komunikasi... dan akhirnya Operator anda merasa bahwa pesan tak kunjung diterima dan akhirnya di beri status Pending, padahal pesan sudah sampai.