BMKG Himbau Berhati-Hati Terhadap SMS Broadcast Gempa

20.01 Diposting oleh Herry Bong

aplikasi sms broadcast
Terkait dengan aktivitas gunung bromo yang statusnya menjadi "AWAS" sekarang ini, Maka saya sebagai blogger yang cinta indonesia membantu BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika) dalam menghimbau masyarakat agar tidak langsung percaya terhadap info-info yang beredar melalui SMS Broadcast, BBM Blast, Email Blast dan lainya.

Pasalnya BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika) menyebutkan bahwa belum ada alat yang dapat memprediksi gempa bumi dan berita sms broadcast itu dipastikan tidak benar. SMS Broadcast yang beredar itu mengatas namakan BMKG dan media massa. Dan sekali lagi berita itu dipastikan tidak benar ungkap deputi bidang geofisika, Prih. Harjadi dalam rislisnya.

"BMKG Mengatakan bahwa isu tersebit tidak benar dan sangat menyesatkan. Tidak ada pegawai BMKG yang pernah menyatakan akan terjadinya suatu gempa bumi besar ke depan dan tidak akan pernah, karena gempa bumi saat ini belum bisa diprediksi kapan akan terjadi,"

Saya menghimbau agar masyarakat berhati-hati terhadap SMS broadcast yang mengatas namakan BMKG terkait gempa yang akan terjadi. Masyarakat harus lebih berhati-hati dalam menyaring informasi yang diterima.

SMS Broadcast Gelap Terkait Isu Merapi Adalah Hoax

18.52 Diposting oleh Herry Bong

Terkait tersebearnya sms broadcast gelap mengenai isu merapi yang dihubungkan dengan presenter acara "silet" Feni Rose, Feni Rose akhirnya meminta maaf kepada maysyarakat Yogyakarta atas tayangan tanggal 07 Novermber 2010. Feni mengaku sebagai seorang presenter infotaintment, dan dirinya murni hanya membaca sesuai naskah yang diberikan.

"Saya meminta maaf sedalam-dalamnya", ujar Feni Rose dalam rilis yang diterima detik.com.
Terkait sms broadcast gelap berantai yang menyebut dirinya telah mengatakan Kota Yogyakarta adalah kota malapetaka pada tayangan "Silet" 07 November 2010.

Pada tayangan "silet" tersebut, naskah yang diberikan kepada Feni Rose bertuliskan "Puncak letusan merapi kabarnya akan terjadi hari ini hingga esok hari pada bulan baru yang akan jatuh tempo pada tanggal 08 November 2010. Ahli LAPAN selalu mencatat hampir semua letusan dan goncangan gempa yang muncul pada bulan baru. Lantas apa yang akan terjadi dengan Yogyakarta? Mungkinkah Yogya yang dalam banyak kota budaya yang elok akan tergolek lemah tak berdaya? benarkah Yogya yang digambarkan begitu indah akan berubah menjadi penuh malapetaka?"

Feni Rose menyesalkan adanya SMS broadcast, BBM broadcast dan twitter berantai mengenai dirinya yang meresahkan masyarakat dan mencederai hati waga Yogyakarta dan sekitarnya. Dengan segala kerendahan hati dan ketulusan hati, pertama-tama saya ingin mengucapkan rasa simpati dan duka cita yang mendalam kepada para korban bendana di merapi," ucap Feni Rose.

Apabila kita lihat pada kasus diatas, seperti yang telah dibahas pada posting sebelumnya bahwa media SMS broadcast bisa digunakan untuk hal yang positif atau negatif. Contoh SMS broadcast gelap berantai yang menyesatkan warga ini adalah salah satu contoh yang negatif.

Contoh SMS broadcast yang positif sudah di bahas pada posting sebelumnya, yaitu dengan membuat sms broadcast sender id "Indonesia" misalnya untuk broadcast kepada semua warga untuk segera mengevakuasi diri, atau bisa juga untuk mengklarifikasi berita-berita sms broadcast yang isinya menyesatkan dengan mengirimkan sms broadcast yang isinya klarifikasi terhadap kebenaran berita sms broadcast gelap tersebut.

Sekian untuk posting kali ini. Saya mengucapkan duka sedalamnya untuk Indonesia.

Peran SMS Broadcast Terhadap Bencana Mentawai, Wasior, Gunung Merapi

00.22 Diposting oleh Herry Bong

Bencana Tsunami di Mentawai, Banjir di Wasior, Meletus nya Merapi Cukup menjadi suatu hal yang memukul karena banyaknya korban jiwa dan kerugian yang diakibatkan bencana tersebut. Diluar negeri seperti Australia sudah memanfaatkan teknologi SMS broadcast untuk memberitahukan atau menginformasikan bencana yang akan terjadi, sehingga korban jiwa bisa di minimalis.

Pada gempa padang yang dulu terjadi jaringan telepon semua mati namun tidak disangka sms masih bisa digunakan, Saat itu salah satu korban terjebak didalam hotel ambacang dan mengirimkan sms kepada keluarganya sehingga keluarga yang bersangkutan meminta tim penyelamat untuk menyelamatkanya.

Sebenarnya SMS broadcast bisa digunakan untuk menginformasikan kepada para masyarakat yang wilayahnya akan terkena bencana, misalnya pada saat BMKG mengetahui positif akan terjadi bencana maka BMKG segera mengirimkan SMS broadcast kepada para masyarakatnya.

SMS broadcast sebaiknya menggunakan MASKING ID "BMKG" supaya tidak ada oknum yang menyalahgunakan teknologi sms broadcast dengan mengirimkan informasi palsu yang hanya menimbulkan kepanikan warga. Selain itu Mengapa menggunakan SENDER ID atau Masking ID? karena pengiriman SMS broadcast dengan menggunakan nomor biasa atau long digit apabila dibandingkan dengan sms masking atau sender id itu perbedaanya sangat jauh. SMS broadcast dengan sender ID kecepatanya bisa mencapai 50 sms broadcast per detik sedangkan long digit itu kecepatanya itu 1 sms per 10 detik. Untuk mencegah bencana alam seperti di mentawai, wasior dan meletusnya gunung merapi dibutuhkan informasi yang cepat dan tepat.

Kami mengucapkan bela sungkawa untuk para korban di mentawai, gunung merapi, dan wasior semoga keluarga yang ditinggalkan ditabahkan dan yang meningga di terima di sisiNya. Dan semoga yang selamat dapat ditangani dengan baik oleh pemerintah.