SMS Broadcast Gelap Terkait Isu Merapi Adalah Hoax

18.52 Diposting oleh Herry Bong

Terkait tersebearnya sms broadcast gelap mengenai isu merapi yang dihubungkan dengan presenter acara "silet" Feni Rose, Feni Rose akhirnya meminta maaf kepada maysyarakat Yogyakarta atas tayangan tanggal 07 Novermber 2010. Feni mengaku sebagai seorang presenter infotaintment, dan dirinya murni hanya membaca sesuai naskah yang diberikan.

"Saya meminta maaf sedalam-dalamnya", ujar Feni Rose dalam rilis yang diterima detik.com.
Terkait sms broadcast gelap berantai yang menyebut dirinya telah mengatakan Kota Yogyakarta adalah kota malapetaka pada tayangan "Silet" 07 November 2010.

Pada tayangan "silet" tersebut, naskah yang diberikan kepada Feni Rose bertuliskan "Puncak letusan merapi kabarnya akan terjadi hari ini hingga esok hari pada bulan baru yang akan jatuh tempo pada tanggal 08 November 2010. Ahli LAPAN selalu mencatat hampir semua letusan dan goncangan gempa yang muncul pada bulan baru. Lantas apa yang akan terjadi dengan Yogyakarta? Mungkinkah Yogya yang dalam banyak kota budaya yang elok akan tergolek lemah tak berdaya? benarkah Yogya yang digambarkan begitu indah akan berubah menjadi penuh malapetaka?"

Feni Rose menyesalkan adanya SMS broadcast, BBM broadcast dan twitter berantai mengenai dirinya yang meresahkan masyarakat dan mencederai hati waga Yogyakarta dan sekitarnya. Dengan segala kerendahan hati dan ketulusan hati, pertama-tama saya ingin mengucapkan rasa simpati dan duka cita yang mendalam kepada para korban bendana di merapi," ucap Feni Rose.

Apabila kita lihat pada kasus diatas, seperti yang telah dibahas pada posting sebelumnya bahwa media SMS broadcast bisa digunakan untuk hal yang positif atau negatif. Contoh SMS broadcast gelap berantai yang menyesatkan warga ini adalah salah satu contoh yang negatif.

Contoh SMS broadcast yang positif sudah di bahas pada posting sebelumnya, yaitu dengan membuat sms broadcast sender id "Indonesia" misalnya untuk broadcast kepada semua warga untuk segera mengevakuasi diri, atau bisa juga untuk mengklarifikasi berita-berita sms broadcast yang isinya menyesatkan dengan mengirimkan sms broadcast yang isinya klarifikasi terhadap kebenaran berita sms broadcast gelap tersebut.

Sekian untuk posting kali ini. Saya mengucapkan duka sedalamnya untuk Indonesia.