Mobile Marketing Is The Future

21.38 Diposting oleh Herry Bong


Marketing sudah berubah, teknologi semakin maju, Dan komunikasi yang efektif tetap harus dilakukan oleh setiap perusahaan kepada pelangganya. Disinilah hubunganya antara Handphone dengan semuanya itu. Hanphone bisa menjadi media komunikasi yang sangat efektif untuk perusahaan kepada pelangganya, sebuah cara baru untuk melakukan komunikasi marketing... THIS IS THE FUTURE, THIS IS MOBILE MARKETING.

Pada belahan dunia lain mobile marketing sudah menjadi suatu perangkat yang semakin menjamur di dunia marketing. Perkembangan teknologi handphone dan meningkatnya daya beli masyarakat akan handphone menjadikan ponsel sebagai sarana yang paling tepat untuk berkomunikasi terhadap target pelanggan secara efektif dan efisien.

Dengang tingginya personalisasi handphone, kesempatan dan perusahaan untuk melakukan komunikasi one on one kepada pelanggan semakin terbuka lebar. Tapi apakah Anda menyadari bahwa komunikasi harus dilakukan secara one one, atau asal badget untuk komunikasi pemasaran cukup gunakan saja media yang sesuai dengan budget tsb.

Pemilihan media memang bukanlah hal yang mudah, tapi pemilihan media yang tepat sangat mempengaruhi hasil dari komunikasi dari pemasaran perusahaan anda. untuk yang mempunyai budget besar, TV commercial bukan jadi halangan, atau iklan 1 halaman di media cetak terkenal. Tapi apakah anda sadar dengan siapakan anda berkomunikasi ?

Salah satu alat yang digunakan untuk berkomunikasi kepada konsumen sekarang adalah SMS broadcast, Dimana SMS broadcast dapat digunakan untuk meningkatkan brand awareness daripada konsumen anda. SMS broadcast adalah layanan sms satu arah yang dapat mengeluarkan nama daripada perusahaan yang bersangkutan. Pilihan lainya adalah email broadcast atau email blast, dimana email blast merupakan suatu alat yang baik untuk berkomunikasi dengan pelanggan. Namun apabila dipraktekkan di Indonesia mana yang lebih baik, apakah sms broadcast ataukah email blast? beberapa pandangan terhadap sms broadcast dan email blast pun berbeda.

Kelebihan dari SMS broadcast adalah cakupanya lebih besar karena hampir semua penduduk di Indonesia mempunyai handhone dan sudah terbiasa dengan penggunaan SMS. Berbeda dengan Sms broadcast, dimana di Indonesia tidak semua orang bisa mengoperasikan emaildan tidak semua orang mempunya Blacberry sehingga membuat cakupannya menjadi lebih kecil. Bagaimana dengan pendapat anda......